Ujian Talenta Masuk IPB (UTM IPB) adalah salah satu cara penerimaan mahasiswa program sarjana IPB yang berbasis kepemimpinan, kewirausahaan, dan cinta pertanian. Selama mengikuti pendidikan di IPB, mahasiswa yang masuk dari jalur UTM IPB akan mendapat muatan softskill khusus untuk meningkatkan kualitas personalnya dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan serta rasa cinta pertanian.

Ada dua metode seleksi yang digunakan, yaitu melalui ujian tulis yang dilaksanakan oleh IPB atau melalui SBMPTN. Seorang calon mahasiswa harus memilih salah satu dari dua metode seleksi tersebut. Bagi yang tidak mengikuti SBMPTN atau tidak ingin menggunakan nilai (skor) SBMPTN, maka calon mahasiswa tersebut harus mengikuti ujian tulis. Jika ingin menggunakan nilai (skor) SBMPTN yang sudah diikutinya, maka calon mahasiswa tidak perlu mengikuti ujian tulis. Nilai SBMPTN yang akan digunakan adalah nilai mata pelajaran yang sesuai dengan materi Ujian Tulis UTM IPB, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Bahasa Inggris. Berikut serba-serbi UTM IPB yang kami kutip dari website resmi

Persyaratan-pendaftaran-utm-ipb-terbaru-resmi-bimbelpedia.co.id
Sumber gambar: @suvriady_

Persyaratan umum UTM IPB

  1. Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK IPA Tahun 2016, 2017, atau 2018
  2. Peserta harus sehat jasmani dan rohani.
  3. Bagi peserta SBMPTN tahun 2018, nilai SBMPTN tahun 2018 dapat digunakan untuk seleksi UTM. Sehingga peserta cukup mendaftar UTM dan mengunggah Kartu Peserta SBMPTN tahun 2018 tanpa harus mengikuti ujian tulis UTM.
  4. Bagi peserta SBMPTN tahun 2018 yang tidak akan menggunakan nilai SBMPTN tahun 2018, maka harus mengikuti ujian tulis UTM
  5. Bagi peserta yang tidak mengikuti SBMPTN tahun 2018, maka harus mengikuti ujian tulis UTM
  6. Peserta SBMPTN tahun 2016 dan atau SBMPTN tahun 2017 tidak dapat menggunakan nilai SBMPTN tahun 2016 dan atau 2017 untuk seleksi UTM tahun 2018
  7. Nilai SBMPTN tahun 2018 yang dapat digunakan untuk seleksi UTM adalah nilai peserta SBMPTN yang mengikuti kelompok ujian Saintek atau Campuran (Khusus lulusan SMA/SMK/MA IPA)
  8. Peserta (termasuk yang menggunakan nilai SBMPTN) harus memilih 1 (satu) atau 2 (dua) program studi yang ditawarkan
  9. Peserta diperkenankan memilih pilihan ketiga yaitu pilihan IPB dimana apabila peserta tidak diterima di pilihan 1 dan pilihan 2 maka bersedia dipilihkan oleh IPB selama nilainya memenuhi persyaratan.
  10. Khusus Program Studi Kedokteran Hewan (FKH), Teknologi Pangan (ITP), dan Teknologi Industri Pertanian (TIN) menawarkan 2 (dua) jenis kelas, yaitu kelas reguler dan kelas internasional bagi WNI dan WNA  (perkuliahan disampaikan dalam Bahasa Inggris dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) lebih tinggi dari kelas reguler). Lihat biaya pendidikan disini
  11. Jika salah satu pilihan Peserta adalah kelas internasional, maka Peserta harus mengikuti ujian yang diberikan dalam bahasa Inggris dan tidak diperkenankan menggunakan nilai SBMPTN 2018.
  12. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,- untuk peserta UTM yang akan menggunakan nilai SBMPTN tahun 2018 atau Rp. 500.000,- untuk peserta UTM yang akan mengikuti ujian tulis.

Materi ujian UTM IPB

  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA)terdiri atas: mata uji Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, TPA Verbal, TPA Numerikal, dan TPA Figural
  2. Tes Kemampuan  Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas: uji Matematika IPA, Biologi, Kimia, dan Fisika
Berkas-pendaftaran-ujian-talenta-ipb-bimbelpedia.co.id
Sumber gambar: @erainovandri366

Tata cara pendaftaran UTM IPB

  1. Calon peserta mengakses laman resmi di sini.
  2. Calon peserta harus memiliki alamat email yang aktif dan dapat digunakan untuk pendaftaran UTM
  3. Calon peserta membuat akun pendaftaran (tuliskan email dan password pendaftaran)
  4. Sistem akan mengirimkan Auto-Reply Email dan SMS untuk verifikasi ke alamat email atau nomor HP calon peserta
  5. Calon peserta membuka email atau SMS dan melakukan klik pada tautan verifikasi
  6. Sistem akan melakukan validasi dan akan menampilkan nomor pendaftaran yang akan digunakan sebagai Nomor Pembayaran (12 karakter angka, contoh : 511818000001)
  7. Calon peserta melakukan pembayaran ke salah satu bank (BNI, BRI, BTN, Bank Mandiri, BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri) sebesar Rp. 300.000,- atau Rp. 500.000,-. Tata cara pembayaran bisa dilihat di sini.
  8. Calon Peserta login untuk melengkapi data pendaftaran pada UTM IPB
  9. Calon Peserta mengklik tombol pernyataan bahwa data sudah lengkap dan benar
  10. Peserta mencetak Kartu Peserta UTM. Pada Kartu Peserta UTM tercantum nomor kursi ujian dengan format BGR-00001.
  11. Peserta mengikuti ujian sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.