Pendaftaran Masuk STPN – Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) adalah salah satu Perguruan Tinggi Kedinasan yang berdiri di bawah naungan Badan Pertanahan Nasional (BPN) sejak tahun 1963. Dulunya, Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional memiliki nama Akademi Agraria yang kemudian diubah. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan di bidang pertanahan secara terpadu, Anda bisa belajar lebih banyak mengenai pertanahan dan implementasinya. Tertarik mendaftar? Silahkan baca artikel pendaftaran masuk STPN 2018 berikut ini yang bersumber dari halaman resmi.

Fakultas dan program studi

  1. Diploma I Pengukuran dan Pemetaan Kadastral (PPK) yang kalian bisa baca selengkapnya mengenai Diploma I PPK di sini
  2. Program Studi DIV Pertanahan yang kalian bisa baca selengkapnya di sini
  3. Prodiksus PPAT
Persyaratan-ujian-stpn-yogyakarta-bimbelpedia.co.id
Sumber gambar: wonokromo.bantulkab.go.id

Sarana dan prasarana

  1. Perpustakaan
    Perpustakaan STPN memiliki koleksi 23.000 eksemplar buku yang terdiri dari 70% buku sosial dan 30% buku eksak dan bermacam-macam jurnal baik nasional maupun internasional yang menyangkut pertanahan maupun umum. Perpustakaan STPN telah mengembangkan sistem katalogisasi otomasi (online), dan tergabung dalam jaringan jogjalib (Himpunan Perpustakaan Perguruan Tinggi dan Perpustakaan Daerah di DIY), dengan ruangan ber-AC dan memberikan pelayanan peminjaman dari jam 07:30 hingga 21:00 WIB. Fasilitas lain yang tersedia adalah ruang kedap suara audio-visual untuk memutar film dan diskusi, dilengkapi dengan koleksi film-film hiburan, pendidikan, dan dokumenter. Setiap sudut di lingkungan STPN telah terpancar wifi sehingga memudahkan civitas akademika STPN mengakses internet secara langsung.
  2. Pusat Komputer
    Pusat Komputer merupakan Unit Penunjang Akademik sebagai pengelola aplikasi yang ada di STPN, yaitu Aplikasi Sistem Informasi Akademik (KRS Online), Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Online, website www.stpn.ac.id, www.pppm.stpn.ac.id, dan Open Acces Library (Perpustakaan). STPN mengelola data centre yang terdiri 1 buah server database menggunakan Operating System Linuk Rethat 9, 2 buah server Aplikasi Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP) dan Larasita untuk mendukung operasionalisasi Laboratorium LOC, 1 unit router untuk mendistribusikan akses internet ke seluruh unit di STPN, 1 unit Server data dengan Operating System Windows Server 2003.Sesuai dengan statuta STPN, Pusat Komputer dan Informasi mengelola 2 buah Laboratorium yaitu :
    • Laboratorium Land Office Computerization (LOC)/KKP dan Kantor Pertanahan Mini. Fasilitas ini dilengkapi dengan 20 unit komputer dengan Aplikasi KKP Desktop dan Aplikasi GeoKKP. Laboratorium ini merupakan miniatur Kantor Pertanahan yang dimaksudkan untuk lebih mendekatkan proses belajar mahasiswa dengan realitas di kantor-kantor pertanahan.
    • Laboratorium Sistem Informasi Geografis/Pertanahan (SIG/SIP) Labaratoium SIG dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi pemetaan digital seperti AutoCad, ARC View, ARC GIS, dan Er-Mapper.
      Pada tahun 2013 ini STPN sedang membangun infrastruktur jaringan berbasis wireless fidelity (wifi) untuk mendukung manajemen data (data sharing dan data exchange)
  3. Pusat Pelatihan Bahasa
    Laboratorium bahasa (Inggris) menempati lantai I Gedung Laboratorium, memiliki 1 unit Audio Visual (40 orang dan 2 instruktur). Laboratorium bahasa bukan hanya untuk kepentingan pembelajaran mahasiswa, namun juga peningkatan kemampuan bahasa para pengajar.
  4. Laboratorium Pengukuran dan Pemetaan, Kartografi, dan Fotogrametri
  5. Infografis Kronik Agraria
  6. Laboratorium Desa (Sosial dan Teknis)
    Untuk menunjang proses belajar mengajar, STPN perlu membekali mahasiswanya keterampilan di lapangan. Berdasarkan persetujuan Gubernur DIY No 591/106 tanggal 7 Agustus 1996 dibentuklah Laboratorium Desa sejumlah 17 desa. Selain itu terdapat lab sosial yang secara intens menjadi tempat belajar bagi dosen dan mahasiswa dalam memahami kondisi dan perubahan agraria di suatu masyarakat desa.
  7. Pusat Penjaminan Mutu Internal STPN
  8. Asrama Taruna Bhumi STPN
    Unit Penunjang Akademik (UPA) Pengelola Asrama bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan Asrama Mahasiswa Taruna Bhumi agar mampu memberikan layanan yang baik kepada mahasiswa, serta untuk mendukung pelaksanaan Program Pendidikan Boarding School di STPN. UPA Pengelola Asrama ini merupakan perangkat kelengkapan untuk penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, serta mendukung pembinaan mahasiswa STPN.

Unit Kegiatan Taruna (UKT)

  1. Korps Taruna Bela Negara
  2. Pers Taruna (SANDI)
  3. Unit Kerohanian
  4. Unit Kegiatan Tae Kwon Do
  5. Unit Kegiatan Karate
  6. Unit Kegiatan Olah Raga
  7. Unit Kegiatan Kesenian
  8. Unit Kegiatan Pramuka
  9. Unit Kegiatan Sistem Informasi
Persyaratan-ujian-tulis-stpn-yogyakarta-bimbelpedia.co.id
Sumber gambar: wonokromo.bantulkab.go.id

Berkas pendaftaran

  1. Formulir Pendaftaran yang telah diisi lengkap;
  2. Fotokopi Ijazah/STTB/Surat Tanda Kelulusan, atau Surat Keterangan Lulus (bagi lulusan tahun saat pendaftaran) yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (satu) lembar;
  3. Fotokopi rapor dari kelas X s.d XII yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang bersangkutan sebanyak 1 (satu) lembar;
  4. Surat Keterangan Konversi Nilai mata pelajaran Matematika yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah;
  5. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang warna merah, ukuran 4 x 6 cm sebanyak 1 (satu) lembar (sama dengan foto pada formulir pendaftaran)
  6. Fotokopi bukti setor biaya pendaftaran sebanyak 1 (satu) lembar (pada bukti setor tercantum nama pendaftar dan nomor registrasi);
  7. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Keterangan

  1. Fotokopi Ijazah/STTB/Surat Tanda Kelulusan, atau Surat Keterangan Lulus, Rapor yang tidak dilegalisir dianggap tidak memenuhi syarat/gugur
  2. Berkas pendaftaran yang telah diterima oleh Panitia dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diminta kembali
  3. Berkas yang dikirim harus lengkap, panitia tidak melayani berkas susulan
  4. Pendaftar dari jalur kerjasama akan diatur tersendiri melalui MoU dan PKs

Mekanisme pendaftaran

  1. Pendaftar harus mempunyai email gmail
  2. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi
  3. Pendaftar harus membaca dengan seksama Ketentuan Umum, Syarat-syarat dan Alur Pendaftaran yang dimuat di halaman depan aplikasi pendaftaran online
  4. Pada sistem pendaftaran online, pendaftar memilih menu Registrasi kemudian masuk pada menu Form Online Diploma I, selanjutnya mengisi alamat email dan captcha pada menu pendaftaran online;
  5. Pendaftar akan mendapatkan email konfirmasi pendaftaran yang berisi nomor tagihan dan link konfirmasi pembayaran
  6. Pendaftar membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.175.000,00 (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah)
  7. Pendaftar membayar biaya pendaftaran yang ditujukan kepada Bendahara Penerimaan STPN dengan nama rekening: BPN 030 STPN Yk, Nomor Rekening: 137-001288045-2 Bank Mandiri KCP Godean Yogyakarta;
  8. Pendaftar mengakses link konfirmasi pembayaran untuk meng-upload bukti pembayaran dalam format .jpg
  9. Setelah melakukan upload bukti pembayaran, pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran
  10. Pendaftar mencetak alamat, biodata, kelengkapan formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap dan surat pernyataan.
  11. Pendaftar mengirimkan berkas pendaftaran melalui jasa pos kepada: (Panitia PCT Program Studi D-I PPK STPNKotak Pos 1216 Yogyakarta)
  12. Pada bagian luar amplop berkas harus ditempel label yang telah dicetak dari aplikasi pendaftaran online (cetak alamat);
  13. Berkas Pendaftaran harus dikirim melalui Kotak Pos 1216 Yogyakarta. Berkas yang dikirim tidak melalui Kotak Pos 1216 tidak diproses.
  14. Berkas pendaftaran harus sudah masuk Kotak Pos 1216 Yogyakarta paling lambat tanggal 04 Juni 2018 pukul 16.00 WIB